27 February 2019

Hal yang perlu kamu ketahui tentang Pernis Mobil

  Admin       27 February 2019
Pernis merupakan jenis cat tembus cahaya yang digunakan di banyak sektor industri sebagai lapisan akhir dari dukungan yang diberikan yang mungkin sebelumnya telah dicat dengan warna tertentu. Dalam otomotif, pernis mobil diaplikasikan pada permukaan yang diperbaiki dimana warna diterapkan sebelumnya, atau permukaan yang sudah dipernis yang telah diampelas.

Pernis Mobil

Fungsi Pernis Mobil
Fungsi utama pernis yang digunakan di sektor otomotif adalah sebagai berikut:

- Hias permukaannya dengan finishing khusus: glossy, matt atau satin.
- Tingkatkan efek cat (warna metalik, mutiara, dll.).
- Tutup dan lindungi permukaan.
- Memberikan kekerasan, kekuatan dan daya tahan untuk menahan agresi yang menjadi bagian dari kendaraan (kondisi lingkungan, gesekan kecil, dll).

Karakteristik umum pernis
Pernis untuk mobil selalu memenuhi fungsi yang sama, meskipun ada berbagai jenis pernis yang khusus properti mereka dan selesai untuk menyesuaikannya dengan tugas yang berbeda. Fitur utamanya adalah ini:

Rentang pernis yang berbeda dikomersialkan,
dengan selesai (glossy, matt atau satin) dan format yang berbeda untuk beradaptasi dengan jenis pekerjaan.

Mereka dibentuk oleh resin termoplastik atau akrilik dengan sistem pengecatan berbasis air. Pernis berbasis air sudah ada di pasaran selama beberapa tahun, sehingga teknologinya belum sepenuhnya dikembangkan oleh semua produsen. Namun, sudah ada merek yang menjualnya dengan jaminan kualitas.

Ini membutuhkan persiapan dana khusus ketika patch yang pudar atau hilang dibuat. Rasio pencampuran dan jumlah tangan untuk menerapkan harus sesuai dengan instruksi pabrik.

Penerapannya harus dilakukan mengikuti teknik melukis yang cocok. Mereka adalah produk berbahaya bagi kesehatan dan lingkungan, dengan mana aplikasi penggunaan EPI yang tepat (masker dengan filter kimia, sarung tangan nitril, dll.) dan langkah-langkah pencegahan kolektif yang diperlukan (ruang pencampuran, aplikasi di bilik cat atau pleno, dll.)

Limbah yang dihasilkan setelah aplikasi harus
dikelola dengan cara yang sesuai (pisahkan, jangan dibuang, dll.) untuk mematuhi peraturan saat ini dan berkontribusi pada pemeliharaan lingkungan.

Jenis pernis mobil
Secara umum, pernis dapat diklasifikasikan menurut kandungan padatannya, fungsi spesifiknya dan sistem pengeringannya.

Menurut isinya dalam padatan
Kandungan padatan menentukan ketebalan lapisan akhir produk yang akan tersisa setelah pengeringan. Semakin tinggi kandungan padatan, semakin besar lapisan yang dihasilkan, semakin sedikit tangan produk harus diterapkan dan semakin sedikit mencemari pernis.

Saat ini, pernis yang dikomersilkan adalah yang mengandung padatan tinggi atau HS (dari padatan bahasa Inggris tinggi) atau padatan ultra tinggi atau UHS (dari dalam bahasa Inggris ultra high solid). Pernis padat menengah dan rendah (masing-masing MS dan LS) sudah tidak digunakan lagi.

Menurut fungsi spesifiknya
Menurut fungsi spesifiknya, dapat diklasifikasikan sebagai berikut:
  • Pernis standar. Mereka adalah lak yang biasa digunakan di toko-toko tubuh. Ada pernis yang sangat murah yang dirancang untuk mengecat armada mobil atau kendaraan bekas dan pernis berkualitas tinggi yang dirancang untuk mencapai hasil akhir yang lebih baik.
  • Pernis cepat kering atau sangat cepat. Seperti namanya, mereka adalah pernis yang dirancang untuk menyembuhkan dalam waktu yang lebih singkat daripada varian lainnya. Hal ini terutama diindikasikan untuk lukisan potongan lepas atau karya yang membutuhkan kecepatan eksekusi, selama jumlah komponen yang akan dicat tidak berlebihan (kasus di mana sambungan antara potongan dapat diperhatikan).
  • Pernis anti gores. Mereka digunakan oleh produsen kendaraan dalam model dan versi kisaran unggul dengan tujuan memberikan kualitas hingga akhir kendaraan. Pernis ini memiliki ketahanan mekanis yang lebih besar terhadap gesekan dan goresan, meskipun ini juga berarti bahwa harganya lebih mahal untuk diampelas.
  • Pernis mengkilap tinggi. Mereka adalah pernis kualitas tertinggi yang dipasarkan oleh berbagai merek. Mereka dirancang untuk mendapatkan hasil akhir yang sangat cerah tanpa menggunakan teknik yang lebih mahal atau berisiko seperti pernis ganda, penerapan lapisan pernis atau kelebihan yang lebih banyak.
  • Matt pernis. Pernis ini memungkinkan untuk mendapatkan hasil akhir sepenuhnya matt atau dengan tingkat gloss yang berbeda ketika mereka dicampur dalam proporsi tertentu dengan pernis gloss. Saat ini, pengembangan pernis ini telah membuat beberapa merek memperoleh satin melalui campuran pernis tikar tertentu dalam proporsi yang berbeda tanpa menggunakan pernis dengan gloss.

Ketika rentang tertentu atau merek pernis tidak memiliki produk akhir matte, satin diperoleh dengan menggunakan proporsi spesifik dari produk tertentu yang disebut matizantes.
Pernis untuk lampu depan. Ini adalah pernis yang dirancang untuk diterapkan pada tulip polikarbonat lampu depan dan pilot. Pernis ini mencegah tingkat luminositas khas tulip asal diubah. Selain itu, mereka menawarkan daya rekat yang lebih baik pada media plastik.
Pernis khusus. Mereka adalah pernis yang dimaksudkan untuk mencapai efek tertentu (misalnya dengan efek karet) atau digunakan dengan cat khusus (misalnya untuk permen selesai).

Menurut sistem pengeringan Anda
Menurut sistem pengeringannya, jenis lak berikut dibedakan:

Satu komponen pernis (1K). Mereka adalah pernis yang disediakan dalam format aerosol dan yang mengering secara fisik ketika pelarut menguap ketika mereka bersentuhan dengan udara di atmosfer. Format pernis untuk mobil kering lebih cepat, tetapi menawarkan hasil akhir yang lebih buruk (lapisan kering berkurang, kurang kemampuan untuk bersinar, kurang toleransi terhadap koreksi cacat, dll.),

Sehingga sangat cocok untuk sentuhan kecil atau pengecatan suku cadang kecil
Pernis dua komponen (2K). Mereka adalah pernis yang memiliki hasil akhir yang lebih baik dan kinerja yang lebih baik dalam hal mikronisasi lapisan yang dihasilkan, tingkat kecerahan, dll. Format ini mengering oleh reaksi kimia setelah kontak dengan katalis. Mereka disediakan dalam kaleng atau aerosol.

Format kaleng diterapkan dengan pistol semprot dan paling sering digunakan di bengkel, sementara format aerosol memenuhi fungsi yang sama dengan 1K tetapi dengan peningkatan fitur yang disebutkan di atas.

Persiapan dana khusus untuk menerapkan pernis
Dengan cara yang sama seperti cat lain, sangat penting bahwa dukungan disiapkan dengan sempurna sebelum menerapkan pernis. Hanya dengan cara ini, apakah mungkin berkontribusi untuk memperoleh hasil akhir yang lebih baik.

Persiapan dana khusus untuk menerapkan pernis diberikan ketika bengkel dilakukan warna kabur di bagian yang sama atau tambalan yang hilang dengan pernis yang sama. Ketika pengaburan warna dilakukan di dalam bagian yang sama, area di mana warna tidak akan diterapkan harus diampelas dengan salah satu opsi ini:

Pengamplasan kering dan dengan antarmuka dengan butiran minimum P-600, meskipun disarankan untuk mengamplas atau menyempurnakan hingga P-800. Tepinya harus diampelas dengan setidaknya spons ultra-halus atau P-800. Dengan cara ini, non-penampilan strip pengamplasan dijamin, yang juga akan mengurangi kilau pernis. Anda juga dapat menggunakan disk amplas tiga dimensi terbaik dari masing-masing produsen.

Pengamplasan ke air dengan butiran minimum P-1200, meskipun disarankan untuk mengampelas dengan P-1500 untuk menghindari munculnya goresan.
Pengamplasan ke air dengan abrasive tiga dimensi yang disediakan oleh masing-masing merek.

Di sisi lain, ketika tambalan yang hilang dibuat, di samping opsi pengamplasan ini, penting untuk melengkapi persiapan penyangga dengan pemolesan sebelumnya di area difusi yang menghilangkan jejak kotoran (untuk menghindari hal itu setelah pemolesan difusi muncul pagar ) dan pengamplasan selanjutnya dengan abrasive tiga dimensi terbaik yang disediakan oleh pabrikan (menggunakan abrasive lain yang lebih tebal dapat membuat garis-garis terlihat setelah proses pemolesan).

Akhirnya, dalam kedua kasus, proses persiapan penopang berakhir dengan degreasing potongan, misalnya dengan pembersih seperti TEROSON VR 20, dan dengan tiupan berikutnya serta penghilangan bintik-bintik debu sisa dengan kain perangkap debu.

Rasio pencampuran pernis
Rasio pencampuran menetapkan proporsi pernis, katalis dan, kadang-kadang, pengencer yang harus ditambahkan untuk mendapatkan campuran yang disesuaikan dengan persyaratan pabrik. Berkat proporsi ini, perilaku campuran akan memadai sehubungan dengan fluiditas, waktu pengeringan dan penerapan.
Rasio pencampuran disediakan oleh produsen pernis, baik dalam lembar data teknis dan dalam kaleng atau kaleng yang sama, dan hanya berlaku untuk pernis dari 2 komponen untuk aplikasi semprotan.

Contoh perbandingan pencampuran adalah 2: 1: 1, yang menyatakan bahwa untuk setiap dua bagian pernis satu katalis dan setengah pengencer harus ditambahkan. Untuk memfasilitasi pencampuran, ada aturan khusus dan cangkir yang diatur dengan rasio pencampuran yang berbeda, serta kemungkinan pencampuran dengan menimbang dalam skala presisi.

Aplikasi pernis
Untuk aplikasi pernis, direkomendasikan untuk menggunakan pistol hybrid dengan puncak cairan 1,2 atau 1,3 mm dengan mempertimbangkan teknik aplikasi cat semprot. Pernis HS biasanya diterapkan dalam dua mantel, satu lebih ringan dan yang lainnya lebih banyak dimuat. Namun, di UHS tangan pertama sangat lunak dan yang kedua juga dimuat. Meskipun demikian, selalu diperlukan untuk mengikuti instruksi pabrik.

Kesimpulan
Pernis untuk mobil adalah lukisan yang memuncak pada proses pengecatan kendaraan, sehingga relevansinya dalam proses perbaikan lebih dari jelas. Pilihan yang tepat, pencampuran dan aplikasi pernis, dan persiapan yang tepat dari dukungan spesifik sangat penting untuk mendapatkan hasil akhir yang optimal.
logoblog

Thank you for reading the article Hal yang perlu kamu ketahui tentang Pernis Mobil

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment