27 February 2019

Apa itu Biodiesel Kelebihan dan Kekurangannya?

  Admin       27 February 2019
Biodiesel adalah alternatif untuk penggunaan bensin dan solar sebagai bahan bakar yang ramah terhadap lingkungan, tetapi untuk masyarakat umum masih belum diketahui. Apa sebenarnya biodiesel terdiri? Apa kelebihan dan kekurangannya?

Bahan bakar Biodiesel

Apa itu biodiesel?
Biodiesel adalah bahan bakar sintetis yang diperoleh dari komponen alami seperti minyak nabati atau lemak hewani. Ini terutama digunakan untuk persiapan pengganti diesel.
Biodiesel dapat dicampur dengan diesel yang berasal dari minyak bumi. Untuk menunjukkan persentase biodiesel dalam campuran, nomenklatur B5, B10, B15, B30, B50, dll. Digunakan. Misalnya, indikator B10 berarti bahwa bahan bakar tersebut terdiri dari 10% biodiesel dan sisanya dari diesel konvensional.

Keuntungan dari bahan bakar biodiesel
Penggunaan biodiesel menawarkan beberapa keunggulan dibandingkan bahan bakar tradisional dari minyak:
  • Berasal dari sayuran, itu adalah bahan bakar yang menghormati lingkungan. Bahan bakunya organik dan diproduksi dari biji yang ditanam dari tanaman yang berbeda, seperti lobak, kedelai atau bunga matahari. Bahkan dimungkinkan untuk membuat biodiesel dari minyak daur ulang dari industri perhotelan atau industri makanan.
  • Ini tidak mengandung belerang, sehingga tidak berkontribusi pada efek rumah kaca. Sulfur adalah salah satu komponen diesel dan, meskipun di pasaran Anda dapat menemukan bahan bakar dengan beban sulfur rendah, varian ini menyebabkan hilangnya pelumasan yang dapat mempengaruhi kinerja mesin.
  • Ini menghasilkan lebih sedikit emisi gas dan bahan pencemar yang berbahaya bagi kesehatan, seperti karbon dioksida, jelaga atau benzena.
  • Ini dapat diangkut lebih mudah daripada diesel dan lebih biodegradable.

Kekurangan bahan bakar biodiesel
Biodiesel juga memiliki kekurangan yang menunjukkan kerugian tertentu:
  • Ini membeku pada suhu rendah, yang menyebabkan kristal terbentuk yang dapat menyumbat saluran bahan bakar.
  • Ia kehilangan sebagian dari propertinya dalam jangka pendek, sesuatu yang tidak terjadi dengan bahan bakar fosil.
  • Biasanya lebih mahal daripada diesel,
  • meskipun ini tergantung pada asalnya dan cara penjabarannya.
  • Itu tidak dapat digunakan di semua mesin pasar. Menggunakan biodiesel dalam mesin yang tidak siap untuk itu dapat menyebabkan masalah yang berbeda: dari kerusakan pada injektor hingga kerusakan yang lebih serius ke bagian internal mesin (piston, batang penghubung, poros bubungan, dll).
Sebelum menggunakan biodiesel sebagai bahan bakar dalam kendaraan, Anda harus selalu berkonsultasi dengan manual kendaraan untuk mengetahui apakah pabrikan mengizinkan penggunaan bahan bakar jenis ini. Selebihnya, penggunalah yang harus menilai apakah layak untuk bertaruh pada sumber energi ini untuk mobil Anda, lebih bersih, tetapi juga lebih mahal.
logoblog

Thank you for reading the article Apa itu Biodiesel Kelebihan dan Kekurangannya?

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment