27 February 2019

Teknologi Augmented Reality mulai diaplikasikan pada mobil

  Admin       27 February 2019
Augmented reality adalah teknologi yang semakin hari semakin terealistis. Seperti kebanyakan inovasi digital, itu dimulai sebagai kemajuan teknologi yang mahal dan dikenal oleh beberapa orang dan akhirnya menjadi elemen kebiasaan. Dengan demikian, berkenaan dengan bidang otomotif, augmented reality diaplikasikan pada kaca depan mobil.

Teknologi Argumented Reality

Kaca depan mobil: GPS baru?
Bayangkan Anda sedang mengemudi dan Anda dapat melihat semua data lalu lintas di jendela depan mobil Anda. Anda bahkan dapat melihat semua jenis peringatan dan informasi tentang jalan-jalan, gedung-gedung penting, tempat parkir terdekat atau bahkan toko-toko terkenal. Kedengarannya seperti fiksi ilmiah, bukan? Ya, sebenarnya itu inovasi Augmented reality di kaca depan sudah ada di sini.

Pengemudi menghabiskan rata-rata hampir 10 jam seminggu di kendaraan kami dan, di samping itu, kami melihat layar sebagian besar dari waktu kami. Bahkan, banyak kendaraan sudah memasukkan layar sentuh besar untuk menangani kontrol iklim, radio dan menyesuaikan banyak parameter lainnya. Namun, evolusi teknologi tidak akan tinggal di sana.

Apple dan teknologi Heads Up Display-nya
Salah satu perusahaan yang mengembangkan teknologi jenis ini adalah Apple. Raksasa Amerika itu telah mematenkan perangkat yang disebut Heads Up Display. Ini adalah sistem kaca depan dengan teknologi augmented reality yang memungkinkan untuk memproyeksikan gambar 3D pada kaca.
Menurut Apple, sistem ini mampu mengumpulkan data dari luar dan di dalam kendaraan. Salah satu fungsi terpentingnya adalah kemampuan untuk melakukan
panggilan video langsung atau menganalisis data penumpang biometrik untuk mendeteksi masalah.

Konica Minolta, salah satu pelopor
Apple belum menjadi perusahaan pertama yang mencoba peruntungan dengan layar augmented reality tiga dimensi. Yang pertama adalah Konica Minolta Jepang yang bekerja sama dengan Laboratorium Ishikawa Watanabe

Universitas Tokyo. Proyek ini dimulai pada April 2016 dan hasilnya adalah 3D AR HUD, teknologi yang memungkinkan untuk memproyeksikan gambar 3D di jendela depan kendaraan. Salah satu opsi yang paling aneh adalah garis hijau "tata letak yang aman", dalam gambar dan kemiripan mengemudi video game.

Teknologi yang sangat aman?
Beberapa merek seperti Jaguar sudah mengusulkan di masa lalu untuk menggunakan augmented reality di dalam mobil. Banyak ahli mengatakan bahwa teknologi ini menawarkan pengemudi informasi yang jauh lebih relevan dengan keselamatan dan kenyamanan mereka. Namun, memang benar bahwa akses ke data bersifat langsung, tetapi sejauh mana rangsangan pada layar dapat mengganggu pengemudi?

Dalam hal keamanan, sulit untuk mengatakan bahwa superposisi data pada kaca depan dapat meningkatkan keamanan saat mengemudi. Di sisi lain, apakah data yang disediakan oleh layar diperlukan untuk berkendara yang efektif atau apakah itu aksesoris?

Namun, yang penting adalah bahwa penerapannya tidak invasif dan tidak mencegah pengemudi dari memperhatikan apa yang benar-benar penting: jalan. Jika Anda tertarik pada subjek dan ingin tahu lebih banyak tentang masa depan industri otomotif, kami merekomendasikan artikel kami tentang teknologi yang akan datang ke bengkel anda.
logoblog

Thank you for reading the article Teknologi Augmented Reality mulai diaplikasikan pada mobil

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment