22 October 2019

Hal Yang Harus Dilakukan Sebelum Membeli Komputer Baru

  Admin       22 October 2019
Sebenarnya hal apa sajakah yang perlu kita tahu sebelum membeli komputer yang baru? Apakah Anda berminat untuk membeli komputer baru? Dengan semua jargon dan spesifikasi geek yang ditawarkan saat ini, itu bisa sangat membingungkan. Saat ini, ada banyak laptop murah dengan harga terjangkau di pasaran. Dengan kekuatan perangkat keras modern, mereka bahkan dapat memberikan pengalaman komputasi yang layak tanpa sepenuhnya menguras dompet Anda. Kuncinya adalah menemukan keseimbangan yang tepat antara biaya dan kebutuhan Anda.


Memilih komputer yang tepat bisa saja akan menjadi hal yang menantang, tetapi kami di sini untuk membantu Anda. Berikut adalah spesifikasi dan detail terpenting yang perlu Anda perhatikan saat atau sebelum melakukan pembelian komputer baru.

Baca Juga :

RAM

RAM merupakan singkatan dari Random Access Memory. Tidak perlu bingung dengan penyimpanan, RAM adalah tempat data aktif dari aplikasi Anda dan proses sistem disimpan. Anggaplah RAM sebagai kanvas sementara atau papan gosok tempat komputer melakukan penghitungan dan operasi waktu nyata.

Dengan aplikasi dan browser web yang haus-memori saat ini, komputer membutuhkan lebih banyak RAM daripada sebelumnya. Jika Anda cenderung menggunakan beberapa aplikasi terbuka secara bersamaan, maka semakin banyak RAM yang dimiliki komputer Anda, semakin baik. Dengan RAM yang cukup, Anda dapat menjalankan lebih banyak aplikasi secara bersamaan dan membuka lebih banyak tab browser sebelum komputer Anda rusak.

Meskipun Windows 10 membutuhkan minimal 1GB pada 32-bit dan 2GB pada 64-bit (macOS membutuhkan 2GB minimum), itu hampir tidak cukup untuk pengalaman yang lancar. Jika Anda berbelanja komputer baru, selalu gunakan setidaknya minimal 8GB RAM untuk pengalaman yang lebih baik. 

Jika Anda berencana melakukan banyak tugas dan melakukan lebih banyak hal di komputer daripada tugas sehari-hari, anda setidaknya  harus membeli komputer dengan RAM 16GB.

Prosesor

Prosesor terus menjadi lebih efisien dan kuat dengan setiap peningkatan setiap tahunanya, tetapi Intel selalu memiliki tingkatan kinerja yang mudah dikenali untuk dipilih, tergantung pada kebutuhan Anda.

Seperti biasa, chip Intel Core i3 entry-level adalah prosesor yang paling murah tapi paling tidak kuat. Jika Anda mencari komputer di bawah harga Rp 7000.000 yang akan melakukan tugas-tugas komputasi dasar, maka prosesor Core i3 seharusnya sudah cukup baik.

Chip Core i5 mid-range cocok untuk orang yang menginginkan keseimbangan yang baik antara kinerja dan biaya. Jika Anda memiliki anggaran terbatas, tetapi Anda masih membutuhkan kecepatan yang cukup untuk penggunaan daya, setidaknya gunakan komputer dengan chip i5.

Komputer dengan chip Core i7 dan i9 lebih mahal, tetapi para profesional yang tidak punya waktu untuk memuat dan merender layar akan menghargai kekuatan yang dibawa prosesor ini ke meja kerjanya. Jika uang bukan masalah dan Anda sedang mencari komputer terbaik yang dapat Anda beli, jangan puas dengan chip Core i7.

Juga, perlu diingat bahwa chip generasi terbaru biasanya lebih kuat dan efisien daripada pendahulunya. Sebagai contoh, chip generasi ke-8 Intel saat ini memiliki setidaknya empat core sehingga mereka lebih cepat (tapi lebih haus daya) daripada rekan-rekan generasi ke-7 mereka yang setara.

Penyimpanan

Saat ini, ada dua jenis tipe penyimpanan komputer yang dapat dipilih: HDD (hard disk drive) dan SSD (solid state drive).

HDD masih menggunakan disk magnetik berputar cepat yang disebut "piring-piring" untuk menyimpan informasi sementara SSD menggunakan memori flash (mirip dengan apa yang digunakan smartphone dan tablet).

Komputer dengan SSD lebih mahal tetapi tingkat baca dan tulisnya jauh lebih cepat daripada komputer dengan HDD konvensional. SSD tidak memiliki bagian yang bergerak juga sehingga lebih ringan, lebih dingin, lebih tenang, lebih efisien dan lebih sulit rusak daripada drive konvensional.

Dengan kelebihan ini, selalu pilih komputer dengan SSD lebih dari satu dengan hard drive konvensional. Mereka mungkin lebih mahal tetapi kecepatan dan efisiensi mereka pasti sepadan dengan perbedaannya.

Beberapa komputer menggabungkan yang terbaik dari kedua dunia dengan drive hybrid. Ini menggabungkan SSD kecil dan HDD besar dalam satu paket. Walaupun hibrida tidak secepat SSD sejati, hibrida lebih murah dan tahan lebih lama. Tentu saja, ketika harga SSD terus turun dan ukuran bertambah, hibrida pada akhirnya akan hilang.

Di sisi lain, kapasitas penyimpanan tergantung pada kebutuhan Anda. Seperti biasa, semakin besar drive, semakin mahal sebuah komputer. Kabar baiknya adalah Anda selalu dapat memperluas ruang penyimpanan Anda dengan kartu memori, drive eksternal atau bahkan mengganti seluruh drive jika diperlukan. Anda juga dapat menggunakan penyimpanan cloud sebagai tambahan untuk drive lokal Anda.

Ukuran layar

Ukuran layar sebagian besar merupakan keputusan yang harus Anda buat jika Anda membeli laptop. Layar laptop biasanya berkisar antara 11 dan 17 inci dan jika Anda berencana menjalankan beberapa jendela, real estat layar ekstra akan membuat perbedaan besar.

Namun, perlu diingat bahwa semakin besar layar, semakin sulit untuk dibawa kemana mana. Laptop layar yang lebih besar juga akan memiliki daya tahan baterai yang lebih rendah, jadi pertimbangkan itu saat memilih salah satunya.

Dengan desktop, portabilitas dan daya tahan baterai jelas tidak masalah, tetapi kebanyakan orang memilih monitor 24 inci atau lebih besar.

Resolusi

Itu semua tergantung pada preferensi Anda (dan anggaran), tetapi tidak peduli berapa ukurannya, resolusi layar Anda akan menentukan seberapa tajam layar Anda akan muncul.

Sebagian besar laptop standar hanya datang dalam 720p, cukup layak untuk ukuran layar yang lebih kecil, tetapi bertujuan untuk setidaknya 1080p (1920 x 1080) display. Komputer kelas atas biasanya datang dengan layar Ultra HD / 4K tetapi seperti biasa, harganya lebih mahal.

Ukuran dan berat

Jelas, ukuran dan berat desktop tidak terlalu penting, tetapi untuk laptop, portabilitas bisa menjadi faktor besar. Memanjakan laptop yang besar dan berat bisa merepotkan, jadi jika Anda berencana membawa laptop Anda setiap saat, pilihlah yang memiliki layar 13 inci atau lebih kecil.

Mencari yang terbaik dalam portabilitas? Beberapa laptop kelas atas yang disebut ultrabook dapat menjadi sangat ramping dan ringan. Namun, jika Anda memiliki anggaran terbatas dan masih lebih suka kinerja daripada portabilitas, laptop yang lebih tebal dan lebih berat biasanya akan memberi Anda lebih banyak uang.

Sistem operasi

Anda memiliki pertanyaan di benak Anda selama bertahun-tahun, bahkan mungkin beberapa dekade: PC atau Mac? Berita baiknya adalah bahwa kedua sistem operasi telah meningkat selama bertahun-tahun dan itu hanya tergantung pada bagaimana Anda menggunakan PC atau laptop Anda. Jika Anda bertanya kepada saya, garis antara dua sistem operasi terus berkembang dengan setiap pembaruan.

Para profesional kreatif secara tradisional telah menggunakan Mac selama bertahun-tahun dan mereka cenderung bertahan dengan program yang mereka kenal, sehingga komputer Apple lebih populer dengan editor video dan grafik. Jika Anda jauh di dalam ekosistem Apple dan menggunakan iPhone, iPad atau Apple Watch, Anda juga akan menghargai bagaimana semua gadget ini bekerja bersama.

Namun, Anda bisa mendapatkan PC dengan spesifikasi yang sama untuk titik harga yang jauh lebih rendah dan itu satu hal yang dimiliki Windows - harganya. Windows masih banyak digunakan di tempat kerja juga dan banyak orang merasa nyaman dengannya. Sekali lagi, itu semua tergantung pada program dan antarmuka pengguna apa yang Anda inginkan.

Sebagai alternatif, jika Anda ingin bertualang, Anda dapat menjelajahi sistem operasi lain seperti Chrome OS di Chromebook atau bahkan Linux.

Konektivitas

Ada banyak opsi koneksi saat ini dan mereka terus berevolusi, sehingga bisa sangat membingungkan. Untuk bukti pembelian Anda di masa mendatang, cari USB-C, port USB 3.1 dan setidaknya 801.11AC di sisi Wi-Fi.

Komputer dengan opsi ini mungkin lebih mahal tetapi Anda akan diatur untuk tahun yang akan datang. Dan seperti biasa, semakin banyak port yang dimiliki komputer, semakin baik.

Harga

Pada dasarnya, semuanya masih tergantung pada seberapa banyak Anda mempunyai budget. Jika Anda hanya berencana menggunakan komputer untuk menjelajah web, mengirim email, dan menonton video sesekali, maka Anda dapat menggunakan komputer yang lebih murah. Ingat, saat ini, bahkan yang termurah pun cukup kuat untuk menjalankan tugas sehari-hari.

Jika Anda akan bergantung pada komputer Anda untuk bekerja, bidik setidaknya satu komputer dengan spesifikasi kelas menengah. Mungkin harganya lebih mahal, tetapi Anda akan menghargai kecepatan dan waktu yang akan Anda hemat. Sebagai aturan umum, semakin baik kinerjanya, semakin mahal sebuah komputer. Nilai anggaran Anda dan bagaimana Anda akan menggunakan komputer Anda, semoga dengan tips ini, Anda akan menemukan keseimbangan yang tepat antara harga dan kinerja.
logoblog

Thank you for reading the article Hal Yang Harus Dilakukan Sebelum Membeli Komputer Baru

Latest
You are reading the latest post

No comments:

Post a Comment