15 October 2019

7 Fitur Android Tersembunyi Yang Jarang DIgunakan

  Admin       15 October 2019
Ada rahasia yang mungkin jarang sekali kalian gunakan di dalam ponsel Android Anda, sejumlah besar fitur tersembunyi yang mungkin tidak Anda ketahui atau mungkin Anda abaikan. Ini dapat membuat pengalaman seluler Anda lebih nyaman, lebih cepat dan lebih menyenangkan.


Kami telah menemukan beberapa trik Android keren yang akan membantu Anda menerjemahkan tulisan Anda, mengetik angka lebih cepat dan bahkan meningkatkan pengalaman bermain game seluler Anda.

Versi Android dapat sedikit berbeda pada smartphone dan tablet yang berbeda. Sistem operasi terbaru adalah Android Pie (Android 9), tetapi tidak setiap gadget dapat menjalankannya. Itu berarti Anda mungkin harus mencari-cari fitur ini, atau beberapa dari mereka mungkin tidak tersedia di perangkat smartphone khusus Anda.

1. Split Screen


Anda dapat menggunakan dua aplikasi terbuka ke tampilan Anda sekaligus ketika Anda menggunakan mode layar terbagi. Cara untuk melakukan ini dengan membuka aplikasi yang mau kalian splitscreen dan kemudian tahan tombol persegi sampai layar terbelah. Anda akan melihat aplikasi terbuka Anda di satu sisi dan dapat memilih dari aplikasi yang baru saja digunakan di sisi lain. Ketuk salah satu yang ingin Anda gunakan dalam mode layar terbagi. Untuk melepaskan, tahan tombol persegi (yang sekarang dibagi untuk menunjukkan mode baru) dan Anda akan kembali ke  aplikasi asli Anda.

Untuk ponsel Android Pie dengan navigasi gerakan, prosesnya sedikit berbeda. Geser ke atas pada tombol beranda untuk melihat Ikhtisar Anda. Ketuk ikon di bagian atas aplikasi pertama yang ingin Anda gunakan dalam mode layar terbagi. Ini membuka menu kecil. Ketuk pada "Layar split." Sekarang pilih aplikasi kedua Anda di bagian bawah layar.

2. Terjemahkan teks dengan Gboard


Kemungkinannya bagus Anda menggunakan keyboard Gboard default Google. Keyboard yang andal ini menempatkan terjemahan tepat di ujung jari Anda. Inilah salah satu cara praktis untuk menggunakan fitur ini: Saat papan ketik terbuka, ketuk pada simbol G (jika menu paling atas belum terlihat). Ini membuka berbagai opsi. Ketuk salah satu yang memiliki G kecil yang terlihat seperti dilipat di atas simbol. Ini membuka kotak teks yang bisa Anda ketik. Gunakan menu tarik-turun untuk memilih bahasa. Google akan secara otomatis menerjemahkan apa yang Anda ketik.


3. Sematkan aplikasi ke layar


Katakanlah teman Anda ingin meminjam telepon Anda untuk mencari sesuatu secara online. Anda dapat menyerahkannya kepada mereka dengan Chrome terbuka dan disematkan ke layar. Aplikasi akan tetap disematkan sampai Anda membukanya. Ini cara mudah untuk mencegah orang lain menjelajahi apa yang ada di ponsel Anda.

Untuk mengaktifkan penyematan layar, buka Pengaturan, ketuk Keamanan & Lokasi dan ketuk "Penyematan layar," yang mungkin Anda temukan tercantum di bawah Pengaturan lanjutan. Pastikan itu diaktifkan bersamaan dengan opsi untuk meminta PIN, pola, atau kata sandi Anda.

Untuk mencoba ini, buka Chrome. Jika Anda menggunakan Pie, geser ke atas dari tengah layar, ketuk ikon aplikasi dan ketuk ikon berbentuk pin. Anda akan mendapatkan konfirmasi bahwa aplikasi tersebut disematkan. Untuk melepaskan pin, sentuh dan tahan tombol Kembali sudut dan tombol Home berbentuk pil dan masukkan PIN Anda.

Untuk sistem Android sebelumnya, ketuk ikon kotak di bagian bawah dan geser ke atas hingga Anda melihat ikon pin. Ketuk pada pin. Untuk melepaskan pin, sentuh dan tahan tombol Kembali segitiga dan tombol ikhtisar kotak dan masukkan PIN Anda untuk membuka kunci.

4. Buka tab Chrome dengan cepat


Ada lebih dari satu cara untuk membuka semua tab Chrome Anda yang terbuka di Android. Rute yang jelas adalah dengan mengetuk kotak dengan jumlah tab terbuka di dalamnya. Cara yang kurang dikenal adalah dengan hanya menggesek ke bawah dari bilah alamat. Anda akan melihat semua tab Anda dan dapat membuka yang baru atau menutup yang terbuka. Ini mungkin tidak benar-benar menghemat banyak waktu, tetapi itu bagus untuk mengakses tab Anda dengan gesek daripada ketukan.

5. Akses pintasan aplikasi


Ada lebih banyak ikon di layar beranda Anda daripada hanya gambar-gambar cantik. Cobalah menekan agak lama pada ikon aplikasi dan Anda mungkin melihat menu pintasan yang bermanfaat muncul. Jika tersedia, pintasan ini biasanya mengarah ke tugas umum yang ingin Anda lakukan dengan aplikasi itu. Misalnya, menekan lama pada ikon Google Maps memberi saya opsi untuk membuka navigasi ke rumah saya. Aplikasi Kontak memberi saya opsi untuk langsung menambahkan kontak baru.

6. Ketikkan angka dengan cepat


Untuk menghemat ruang layar, Gboard tidak menampilkan baris angka penuh seperti yang Anda dapatkan dengan keyboard fisik. Tetapi perhatikan baik-baik dan Anda akan melihat angka-angka kecil di baris atas surat. Sentuh dan tahan salah satu surat ini dan opsi nomor akan muncul di atasnya. Geser ujung jari Anda ke atas untuk mengetik nomornya.

7. Blokir iklan di aplikasi game

Anda sedang mencoba permainan baru dan Anda merasa seperti berjuang melawan iklan seperti halnya penjahat. Untuk beberapa aplikasi, Anda dapat membatalkan iklan tersebut dengan meletakkan ponsel Anda ke mode Pesawat. Ini berfungsi dengan memblokir kemampuan aplikasi untuk menayangkan iklan online. Mode pesawat bisa sedikit merepotkan, jadi periksa juga untuk meningkatkan ke versi permainan yang bebas iklan jika Anda suka memainkannya dan ingin mendukung pengembang.

Trik dan fitur yang cerdas dan keren ini akan membuat Anda merasa seperti orang dalam Android. Cobalah dan nikmati bagaimana mereka meningkatkan pengalaman seluler Anda.
logoblog

Thank you for reading the article 7 Fitur Android Tersembunyi Yang Jarang DIgunakan

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment