17 October 2019

15 Aplikasi Berbahaya Tersembunyi di Smartphone Yang Harus Diwaspadai

  Admin       17 October 2019
15 aplikasi jahat ini disembunyikan di ponsel Anda, mengisinya dengan banyak iklan pop-up yang dapat mengganggu kinerja smartphone anda, Aplikasi berbahaya yang diunduh dari Google Play Store mungkin bersembunyi di ponsel Android Anda, tetapi Anda harus menemukannya sebelum dapat menghapusnya. Ini adalah serangan malware terbaru di Android. 1,3 juta perangkat memiliki setidaknya satu aplikasi jahat, yang menyebabkan banyak orang tidak mempercayai Google Play Store.

Aplikasi android tertentu tidak dapat dipercaya. Mungkin sulit untuk mengidentifikasi aplikasi mana yang membahayakan tersebut. itulah mengapa tidak mudah menemukan 15 aplikasi yang dimaksud. Untuk memperburuk keadaan, aplikasi jahat tersembunyi dalam-dalam ke ponsel Anda.. Segera ponsel Anda dipenuhi dengan iklan pop-up yang menjengkelkan dan Anda berusaha mencari yang bertanggung jawab atas masalahnya. Meskipun tidak mudah, ada cara untuk menemukan dan menghapusnya.

Perusahaan Cybersecurity SophosLabs baru-baru ini menemukan 15 aplikasi berbahaya di Google Play Store. Aplikasi menghasilkan sejumlah besar iklan, lalu menyembunyikan ikon aplikasi mereka sehingga lebih sulit bagi Anda untuk menemukan dan menghapusnya.

Beberapa aplikasi juga menyamarkan diri di halaman Pengaturan aplikasi ponsel. Misalnya, aplikasi free.calls.messages (Panggilan & Pesan Gratis) menggunakan beberapa sihir cyber yang gelap untuk menghentikan pengguna dari mencopot pemasangan aplikasi tersebut.

Begini cara mereka melakukannya: Ketika aplikasi pertama kali diluncurkan, itu akan menampilkan pesan yang mengatakan, "Aplikasi ini tidak kompatibel dengan perangkat Anda!" Kemudian aplikasi menyembunyikan ikonnya sendiri sehingga tidak muncul di baki aplikasi peluncur. Beberapa membuat langkah ini pada peluncuran pertama, sementara yang lain menunggu beberapa saat setelah Anda menginstal aplikasi.

Gambar milik SophosLabs.

SophosLabs juga menemukan bahwa sembilan dari 15 aplikasi menggunakan teknik umpan-dan-sakelar. Mereka menggunakan satu nama dan ikon untuk aplikasi yang dapat dilihat di halaman Pengaturan aplikasi ponsel. Mereka kemudian menggunakan nama dan ikon yang berbeda untuk operasi yang sebenarnya menjalankan aplikasi, yang menghilang setelah aplikasi diluncurkan.Aktor jahat melakukan ini sehingga nama yang terlihat dan ikon menipu pengguna agar berpikir tidak ada yang salah dengan aplikasi tersebut.

Gambar milik SophosLabs.

Menemukan aplikasi berbahaya dan menghapusnya
Ada beberapa kesempatan aplikasi dipanggil jahat di Google Play Store. Sayangnya, bahkan aplikasi "aman" dapat menyedot informasi Anda tanpa izin Anda. bahkan setelah Anda memberi tahu mereka untuk tidak . Adapun aplikasi licik yang paling baru dirilis, melacaknya mungkin tidak sesederhana itu.

Aplikasi mengiklankan diri mereka sebagai aplikasi utilitas, editor gambar, pencari telepon dan, yang paling berani, utilitas untuk menggosok ponsel Anda dari data pribadi. Aplikasi melanjutkan dalih mereka dengan menyamarkan diri mereka menggunakan nama yang tampaknya seperti aplikasi yang tidak berbahaya, seperti Google Play Store, Pembaruan atau Layanan Zona Waktu. Nama-nama ini hanya muncul di pengaturan telepon.


Berikut ini ilustrasi dari Sophos, yang menunjukkan seperti apa 15 aplikasi berbahaya itu di Google Play:
Gambar milik SophosLabs.

SophosLabs memberi tahu Google tentang aplikasi pada bulan Juli dan perusahaan yakin mereka telah dihapus. Ini aplikasi yang terdeteksi oleh Sophos Mobile Security sebagai Andr / Hiddad-AB dan Andr / Hiddad-AC. Sophos Mobile Security untuk Android gratis untuk diunduh.

logoblog

Thank you for reading the article 15 Aplikasi Berbahaya Tersembunyi di Smartphone Yang Harus Diwaspadai

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment