Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memperbaiki "Sayangnya, Pesan Telah Berhenti" Galaxy S10

Samsung Galaxy S10 merupakan yang terbaik yang ditawarkan Android dalam hal spesifikasi Hardware dan pengalaman Softwarenya. Namun, beberapa bug mungkin masih berkembang dari waktu ke waktu. Salah satu bug tersebut adalah "Sayangnya, Pesan telah berhenti." Jika Anda bertanya-tanya bagaimana cara memperbaiki kesalahan "Sayangnya, Pesan telah berhenti", Artikel ini akan coba membantu kalian dalam hal masalah tersebut.

Pesan Error Galaxy S10

Cara memperbaiki Error Galaxy S10 "Sayangnya, Pesan telah berhenti"
Ada beberapa langkah pemecahan masalah yang harus Anda lakukan untuk memperbaiki kesalahan "Sayangnya, Pesan telah berhenti". Ikuti langkah di bawah ini untuk mengisolasi penyebab bug di Galaxy S10 Anda.

1: Paksa Berhenti aplikasi Pesan

Langkah pemecahan masalah pertama yang harus Anda lakukan adalah memastikan bahwa Anda me-restart aplikasi masalah itu sendiri. Ini biasanya merupakan perbaikan yang efektif untuk masalah yang disebabkan oleh bug aplikasi kecil yang dapat terjadi dari waktu ke waktu. Begini cara melakukannya:
  • Di layar Anda, ketuk tombol Aplikasi Terbaru (yang memiliki tiga garis vertikal di sebelah kiri tombol Home).
  • Setelah layar Aplikasi Terbaru ditampilkan, geser ke kiri atau kanan untuk mencari aplikasi Instagram. Itu harusnya ada di sini jika Anda berhasil menjalankannya sebelumnya. Kemudian, geser ke atas pada aplikasi untuk menutupnya. Ini harusnya memaksa menutupnya. Jika tidak ada, cukup ketuk aplikasi Tutup Semua untuk  memulai kembali semua aplikasi.

Cara lain untuk memaksa menutup aplikasi :
  • Buka aplikasi Pengaturan.
  • Ketuk Aplikasi.
  • Ketuk ikon Pengaturan lainnya (ikon tiga titik, kanan atas).
  • Ketuk Tampilkan aplikasi sistem.
  • Temukan dan ketuk aplikasi Instagram.
  • Ketuk Force Stop.

2: Muat ulang perangkat Anda

Jika menutup aplikasi tidak memperbaiki kesalahan "Pesan telah berhenti", langkah pemecahan masalah logis berikutnya adalah memulai ulang perangkat itu sendiri. Ini adalah cara yang lebih luas untuk mengatasi semua jenis bug dalam suatu sistem. Ini dapat bekerja jika bug yang Anda alami disebabkan pengoperasian perangkat yang berkepanjangan. Jika Anda tidak me-restart perangkat Anda secara teratur, itu dapat mengembangkan bug sementara. Untuk mengatasi masalah yang mungkin terjadi ini, pastikan untuk me-restart perangkat setidaknya sekali setiap beberapa hari. Dalam kasus Anda, Anda ingin melakukan soft reset, yang merupakan jenis restart lainnya yang mensimulasikan efek dari prosedur "penarik baterai". Begini cara melakukannya:
  • Tekan dan tahan tombol Daya + Volume Bawah selama sekitar 12 detik atau hingga siklus daya perangkat. Catatan: Biarkan beberapa detik agar layar Mode Pemeliharaan Boot muncul.
  • Dari layar Maintenance Boot Mode, pilih Boot Normal. Catatan: Gunakan tombol volume untuk menelusuri opsi yang tersedia dan tombol kiri bawah (di bawah tombol volume) untuk memilih. Biarkan hingga 90 detik hingga reset selesai.
  • Jika layar Maintenance Boot Mode tidak muncul, maka perangkat Anda tidak memilikinya. Cukup tunggu hingga perangkat mati sepenuhnya.

3: Hapus partisi cache

Untuk memuat aplikasi dengan cepat, Android menyimpan item yang sering digunakan seperti tautan situs web, gambar, video, iklan, antara lain di bagian penyimpanan internal yang disebut partisi cache. Terkadang, item-item ini secara kolektif disebut cache sistem mungkin usang atau rusak menyebabkan masalah kinerja atau bug. Untuk memastikan ponsel Anda berjalan efisien dan cache dalam kondisi prima, Anda ingin menghapus partisi cache secara teratur (sekitar sekali setiap beberapa bulan). Saat menangani masalah aplikasi apa pun, ini juga bisa menjadi salah satu langkah pemecahan masalah. Berikut cara melakukannya:
  • Matikan perangkat.
  • Tekan dan tahan tombol Volume Atas dan tombol Bixby, lalu tekan dan tahan tombol Daya.
  • Saat logo Android berwarna hijau ditampilkan, lepaskan semua kunci ('Menginstal pembaruan sistem' akan muncul sekitar 30 - 60 detik sebelum menampilkan opsi menu pemulihan sistem Android).
  • Tekan tombol Volume Bawah beberapa kali untuk menyorot 'menghapus partisi cache'.
  • Tekan tombol Daya untuk memilih.
  • Tekan tombol Volume bawah sampai 'ya' disorot dan tekan tombol Daya.
  • Ketika partisi cache dihapus, "Reboot sistem sekarang" disorot.
  • Tekan tombol Daya untuk memulai ulang perangkat.

4: Bersihkan Cache Aplikasi

Jika masalahnya disebabkan oleh cache aplikasi perpesanan, Anda dapat melakukan dua hal. Salah satunya adalah menghapus cache aplikasi dan yang lainnya adalah mengatur ulang ke default. Yang pertama yang harus Anda lakukan adalah menghapus cache aplikasi pengiriman pesan. Berikut adalah cara untuk melakukannya:
  • Buka aplikasi Pengaturan.
  • Ketuk Aplikasi.
  • Ketuk ikon Pengaturan lainnya (ikon tiga titik, kanan atas).
  • Ketuk Tampilkan aplikasi sistem.
  • Temukan dan ketuk aplikasi Instagram.
  • Ketuk Penyimpanan.
  • Ketuk tombol Hapus cache.
  • Nyalakan kembali perangkat dan periksa masalahnya.

5: Setel Ulang Aplikasi

Jika bug tidak mau hilang setelah membersihkan cache, hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah mengatur ulang aplikasi ke default pabriknya. Melakukan hal itu akan menghapus teks Anda jadi pastikan untuk menbackupnya terlebih dahulu. Anda dapat menggunakan Smart Switch untuk membuat cadangan SMS dan data Anda. Setelah menyimpannya, Anda dapat melanjutkan dan menghapus data aplikasi:
  • Buka aplikasi Pengaturan.
  • Ketuk Aplikasi.
  • Ketuk ikon Pengaturan lainnya (ikon tiga titik, kanan atas).
  • Ketuk Tampilkan aplikasi sistem.
  • Temukan dan ketuk aplikasi Instagram.
  • Ketuk Penyimpanan.
  • Ketuk tombol Hapus data.
  • Nyalakan kembali perangkat dan periksa masalahnya.

6: Periksa Aplikasi Pihak Ketiga Yang Buruk

Aplikasi lain terkadang mengganggu Android dan aplikasi lain. Untuk memeriksa apakah itu yang terjadi, hidupkan ulang ponsel ke mode aman. Berikut cara melakukannya:
  • Tekan dan tahan tombol Daya hingga jendela Matikan muncul kemudian lepaskan.
  • Sentuh dan tahan Power off sampai prompt Safe mode muncul kemudian lepaskan.
  • Untuk mengonfirmasi, ketuk Mode aman.
  • Proses ini dapat memakan waktu hingga 30 detik untuk menyelesaikan.
  • Saat reboot, "Safe mode" muncul di kiri bawah layar beranda
Ingatlah bahwa aplikasi pihak ketiga dinonaktifkan dalam mode ini sehingga yang dapat Anda gunakan adalah aplikasi yang sudah diinstal sebelumnya. Setelah S10 Anda boot ke mode ini, pastikan untuk memeriksa apakah masalah berlanjut. Copot pemasangan aplikasi yang baru saja Anda instal dan lihat apakah itu akan memperbaikinya. Jika masalah tetap ada, gunakan proses eliminasi untuk mengidentifikasi aplikasi pembawa error. Begini caranya:
  • Boot ke mode aman.
  • Periksa masalahnya.
  • Setelah Anda mengonfirmasi bahwa aplikasi pihak ketiga yang harus disalahkan, Anda dapat mulai menghapus instalan aplikasi satu per satu. Kami menyarankan Anda mulai dengan yang terbaru yang Anda tambahkan.
  • Setelah Anda menghapus aplikasi, restart telepon ke mode normal dan periksa masalahnya.
  • Jika S10 Anda masih bermasalah, ulangi langkah 1-4.

7: Reset Pengaturan Jaringan

Pemecahan masalah dasar software lain yang dapat Anda lakukan dalam hal ini adalah menghapus pengaturan jaringan saat ini. Ini kadang-kadang dapat berfungsi jika ada bug jaringan karena pengaturan yang salah, atau jika ada perubahan yang tidak berhasil. Berikut cara melakukannya:
  • Buka aplikasi Pengaturan.
  • Ketuk Manajemen umum.
  • Ketuk Atur Ulang.
  • Ketuk Reset pengaturan jaringan.
  • Ketuk Reset pengaturan untuk mengonfirmasi.

8: Gunakan Aplikasi Pesan Lain

Sebelum Anda mencoba menggunakan aplikasi lain, kami sangat menyarankan Anda memeriksa apakah aplikasi Samsung Messages merupakan versi terbaru. Beberapa bug hanya dapat diperbaiki dengan perubahan kode baru. Aplikasi pesan adalah aplikasi bawaan Samsung dan meskipun telah terbukti andal selama bertahun-tahun, itu tidak bisa disebut sempurna sama sekali. Tetap memperbaruinya adalah salah satu cara untuk menurunkan kemungkinan bug berkembang. Untuk terus memperbarui aplikasi Samsung Anda, ikuti langkah-langkah ini:
  • Buka aplikasi Toko Galaxy.
  • Ketuk ikon pengaturan lainnya di kanan atas.
  • Ketuk Pengaturan.
  • Ketuk Aplikasi pembaruan otomatis.
  • Pilih jenis koneksi yang akan digunakan saat memperbarui.

Jika aplikasi Samsung Messages Anda sudah diperbarui saat ini,dan tidak memecahkan masalah kalian. maka sudah saatnya untuk mencoba menggunakan aplikasi lain. Ini akan membantu Anda mengkonfirmasi apakah aplikasi Pesan Anda bermasalah atau tidak. Ada banyak aplikasi yang bisa Anda dapatkan dari Play Store jadi coba dulu dan lihat apa yang terjadi. Kami menyarankan Anda tetap menggunakan aplikasi resmi seperti Google Android Messages.

9: Reset Pabrik

Langkah pemecahan masalah yang terakhir yang dapat Anda lakukan dalam hal ini adalah mengembalikan semua pengaturan software ke pengaturan default. Reset pabrik akan menghapus semua data pribadi jadi pastikan untuk membackup hal-hal yang penting sebelum melakukannya. Untuk referensi, berikut adalah dua cara untuk mengatur ulang perangkat Andake setelan pabrik:

Metode 1: Cara mengatur ulang pada Samsung Galaxy S10 melalui Menu Pengaturan
  1. Buat cadangan data pribadi Anda dan hapus akun Google Anda.
  2. Buka aplikasi Pengaturan.
  3. Gulir ke dan ketuk Manajemen umum.
  4. Ketuk Atur Ulang.
  5. Pilih Reset data pabrik dari opsi yang diberikan.
  6. Baca informasinya lalu ketuk Atur Ulang untuk melanjutkan.
  7. Ketuk Hapus Semua untuk mengonfirmasi tindakan.
Metode 2: Cara reset pabrik pada Samsung Galaxy S10 menggunakan tombol perangkat keras

Jika memungkinkan, buat cadangan data pribadi Anda sebelumnya. Jika masalah Anda membuat Anda tidak bisa melakukannya, lewati saja langkah ini.
Juga, Pastikan bahwa Anda sudah menghapus akun Google Anda. Jika masalah Anda membuat Anda tidak bisa melakukannya, lewati saja langkah ini.
  1. Matikan perangkat. Ini penting. Jika Anda tidak dapat mematikannya, Anda tidak akan pernah bisa boot ke Mode Pemulihan. Jika Anda tidak dapat mematikan perangkat secara teratur melalui tombol Power, tunggu sampai baterai ponsel terkuras. Kemudian, isi daya telepon selama 30 menit sebelum mem-boot ke Mode Pemulihan.
  2. Tekan dan tahan tombol Volume atas dan tombol Bixby secara bersamaan.
  3. Sambil masih menahan tombol Volume atas dan Bixby, tekan dan tahan tombol Daya.
  4. Menu layar Pemulihan sekarang akan muncul. Ketika Anda melihat ini, lepaskan tombol.
  5. Gunakan tombol Volume bawah hingga Anda melihat 'Hapus data / reset pabrik.'
  6. Tekan tombol Daya untuk memilih 'Hapus data / reset pabrik.'
  7. Gunakan Volume Bawah untuk memilih Ya.
  8. Tekan tombol Daya untuk mengkonfirmasi pengaturan ulang pabrik.
Terimaksih semoga bermanfaat dan semoga masalah kalian teratasi,jika masih ada kendala kalian bisa berkomentar pada kolom komentar dibawah.

Posting Komentar untuk "Cara Memperbaiki "Sayangnya, Pesan Telah Berhenti" Galaxy S10"